16 March 2011

Modifikasi Kotak Komentar Dengan Intensedebate

Mungkin di antara sobat blogger ada yang bosan dengan tampilan kotak komentar platform blogger yang hanya itu-itu saja. Kalau memang ya, sekarang sudah saatnya kalian mengganti tampilan kotak komentar kalian dengan bantuan Intensedebate. Situs ini membantu memodifikasi kotak komentar blogger menjadi seperti wordpress dengan langkah yang sangat mudah, jadi sobat blogger tidak perlu pusing lagi dengan kode-kode HTML yang rumit itu. Cukup dengan 5 menit, kotak komentar sobat akan jadi seperti yang di inginkan.


Langkah pertama kunjungi situs Intensedebate
Bagi yang belum mempunyai akun, silahkan register dulu karena nanti akan di pakai sebagai akun untuk berkomentar di kotak komentar baru.
Setelah proses registrasi selesai, cek email kalian untuk verifikasi akun. Kemudian login menggunakan akun yang sudah terdaftar tadi.

Setelah kalian sudah login, pilih Manage blogs/sites di bagian kanan kemudian Install IntenseDebate.


Nanti kalian akan di minta untuk masukkan alamat blog kalian. Setelah itu akan di beri pilihan install, pilih Template. Kemudian untuk pilihan yang ke dua pilih Only on new posts atau On all blog posts. Saya rekomendasikan pilih yang Only on new posts, karena jika pilih On all blog posts semua komentar yang sudah ada akan hilang.


Login ke akun blogger dulu sebelum melanjutkan. Kemudian masuk ke edit HTML ( Jangan Expand Template Widget ) download full template.
Kembali lagi ke Intensedebate lalu scroll ke bagian paling bawah pilih browse dan upload template yang telah di download tadi.


Setelah proses upload selesai copy kode yang ada di sebelah kiri hasil modifikasi tadi.


Kembali ke blogger, edit HTML kemudian hapus semua kode yang ada di template sobat  dan ganti dengan kode dari Intensedebate tadi.
Langkah yang terakhir tentunya save template dong......
Nanti sobat bisa memodifikasi template melalui Intensedebate, jadi tidak perlu edit kode di HTML lagi. Bagi sobat yang sudah mahir dengan kode css, silahkan berkreasi untuk lebih mendapatkan hail yang lebih baik. Tapi bagi sobat yang belum faham kode css seperti saya, nanti di sana sudah ada petunjuk seperti mengganti lebar, background, warna teks, link dll. Untuk melihat hasil yang sudah jadi, silahkan lihat di blog baru saya Di sini. Sekalian kasih komentar ya hehehe....

Semoga bermanfaat.
Alhamdulillah...

No comments:

Post a Comment