28 June 2011

Cara Membagi Jaringan Internet Ke beberapa Komputer

Pada umumnya orang beranggapan bahwa untuk mensetting jaringan internet agar jaringan internet tersebut dapat dibagi ke beberapa komputer bahasa inggrisnya ( Internet Connection Sharing ) sedangkan bahasa gaulnya ( Tolong jolo dibagi internet mu bah...) itu sangat sulit dan hanya orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang IT lah yang bisa mengerjakannya, dan ternyata semua anggapan tersebut tidak benar,asalkan kita mau mempelajarinya benar gak...? he..he..he...( Lanjut Bang becak eh...Bang Davot...! ).
Nah... Artikel kali ini saya akan membahas secara sederhana dan mudah tentang bagaimanakah caranya mensetting sebuah jaringan internet agar bisa dibagi ke beberapa komputer.


Disini ada 2 cara yang bisa digunakan untuk membagi jaringan internet yaitu :
  1. Membagi Jaringan Internet Dengan Cara Sederhana (Tidak melalui komputer server)
  2. Membagi Jaringan Internet Dengan Menggunakan Komputer Server.
1. Membagi Jaringan Internet Dengan Cara Sederhana

Alat yang diperlukan adalah :
* 1 buah Modem.
* 1 buah Hub/Switch.
* Beberapa unit Komputer sebagai si penerima jaringan internet ( Komputer Client ).


Keterangan Gambar Diagram Sharing Jaringan Internet Sederhana :
Dari Modem, kabel jaringan dihubungkan ke Hub/Switch kemudian dari Hub/Switch, kabel jaringan dihubungkan ke 6 unit komputer si penerima jaringan internet tersebut.

2. Membagi Jaringan Internet Dengan Menggunakan Server

Alat yang diperlukan adalah :
* 1 buah Modem.
* 1 buah Hub/Switch.
* 1 unit komputer untuk dijadikan sebagai Komputer Server.
* 2 buah Lan Card ( berada di Komputer Server )
* Beberapa unit komputer sebagai si penerima jaringan internet ( Komputer Client ).


Keterangan Gambar Diagram Sharing Internet Menggunakan Server :
Dibutuhkan 2 buah Lan Card di dalam Komputer Server yaitu ( Lan Card 1 dan Lan Card 2 ), dan untuk keterangan cara kerjanya adalah Dari Modem, kabel jaringan dihubungkan ke Komputer Server ( Lan Card 1 ) dan dari Komputer Server (  Lan Card 2 ) kabel jaringan dihubungkan ke Hub/Switch, kemudian dari Hub/Switch kabel jaringan dihubungkan ke 5 komputer si penerima jaringan internet tersebut,dan Sistem Operasi windows  di komputer server dan komputer si penerima jaringan internet ( Komputer Client ) juga memerlukan perubahan settingan. Sementara untuk mensettingnya anda bisa baca artikel saya  tentang  bagaimana "Cara Setting Jaringan Internet Yang Memakai 2 Lan Card Di Windows XP"

Kemudian pertanyaan kita adalah " apakah ada perbedaan kualitas internet dari kedua cara diatas...? " jawabannya adalah tidak ada, hanya saja cara yang kedua ( yang menggunakan server ) bisa kita pakai untuk membagi bandwidth internet ke beberapa komputer si penerima jaringan internet ( Komputer Client ) secara merata, yang mana Komputer Server itulah yang akan berperan untuk dijadikan sebagai pembagi bandwidth internet tersebut,sedangkan cara untuk membagi bandwidth internetnya kita bisa menggunakan Mikrotik ataupun softwere-softwere pembagi bandwidth internet lainnya, mengenai pembagi bandwidthnya yang sudah pernah saya pakai adalah " Softperfect Bandwidth Manager " anda bisa baca artikel saya selanjutnya tentang  "Cara Menggunakan Softperfect Bandwidth Manager".
Demikianlah sedikit keterangan yang bisa saya jelaskan mengenai Cara Membagi Jaringan Internet.


Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment