25 November 2011

Cara Membuat Link Berupa Tombol Di Blog

Tahukah artinya Link ...? Menurut versi yang saya kutip dari Wikipedia Link itu adalah : Sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Dan menurut versi orang awam seperti saya ini hehehehe... arti Link itu secara sederhana adalah : Sebuah perintah  yang bisa berbentuk teks/gambar, video dll yang ketika kita klik maka akan terbuka alamat yang dituju, alamat yang akan dituju itu bisa berupa alamat halaman web kita sendiri ataupun alamat halaman web yang lain. ( apabila menurut anda versi saya salah mohon kiranya di maafkan hehehehe... karena saya sendiri juga adalah orang yang masih belajar ).

Pada umumnya Link yang ada pada suatu halaman blog adalah yang berbentuk Teks, sedangakan disini saya akan mencoba berbagi sedikit kepada sobat-sobat Catatan Pena tentang Cara membuat Link berupa Tombol, lumayan lah menambah-nambahi perbendaharaan ilmu kita bersama. Hehehehehe....

Langsung saja kita praktekkan:
  1. Login ke blog anda.
  2. Pada halaman Dasboard klik "Rancangan".
  3. Lalu klik "Tambah Gadged".
  4. Kemudian klik "Html / Java Script".
  5. Dan masukkan kode script yang ada dibawah ini lalu klik tombol "Simpan".
<form method="get" action="http://davotmarbun.blogspot.com/"
target="_blank">
<input type="submit" value="Catatan Pena" name="q">
</form>

Ket:
1. Yang berwarna Merah silahkan anda rubah sesuai dengan link anda sendiri.
2. Yang berwarna Biru silahkan rubah sesuai keinginan anda.
3. Untuk tulisan _blank adalah : Sebuah keterangan yang menjelaskan ketika anda klik tombol tersebut maka akan muncul halaman  tab baru, namun jika anda menginginkan muncul pada halaman itu sendiri ganti tulisan _blank  menjadi   _self.



Contoh Demonya :



Mudah bukan..? silahkan anda mencobanya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment