14 May 2011

Seberapa Penting Chat Box Untuk Blog Anda?

cbox
Chat box atau Cbox, atau juga Soutmix adalah hal wajib bagi sebagian blogger untuk terpasang di dalam blog. Selain untuk memperindah tampilan blog, widget ini juga berfungsi sebagai buku tamu bagi para blogger yang hobi blogwalking untuk meninggalkan jejaknya. Tapi seberapa pentingkah widget ini untuk blog anda? Sebagian blogger ada yang menganggap widget ini sangat penting, dan tidak sedikit pula yang menganggap widget ini sama sekali tidak penting. Bagi saya sendiri, cbox dan sejenisnya merupakan benalu bagi blog. Kenapa bisa begitu? Ya, karena saya menganggap widget ini sangat tidak berguna. Selain memperberat loading blog, link yang kita tinggalkan juga tidak akan terindex oleh google. Toh kalau mau blogwalking kan lebih enak meninggalkan jejak di kotak komentar. Jangan salah loh, berkomentar juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan ranking blog kita karena link yang kita tinggalkan akan terindex oleh google.

Ditambah lagi widget ini juga mempunyai dampak yang negatif buat blog yang telah memasang Google Adsense. Saya sering menjumpai di sebagian chat box terdapat kata-kata $$$, hacker, dan sebagainya yang di anggap melanggar TOS oleh google. Jadi jika blog kita telah memasang adsense dan di chat box terdapat kata-kata seperti itu, maka siap-siap saja di banned oleh google atau pihak adsense yang anda ikuti. Sekali lagi ini hanya menurut pandangan saya pribadi dan mungkin banyak blogger yang setuju dan banyak pula yang tidak setuju dengan pendapat saya ini. Jika punya anggapan lain, saya akan sangat menghargai jika kita berdiskusi di kotak komentar.

Semoga bermanfaat.
Alhamdulillah...

No comments:

Post a Comment