25 October 2010

Festival Film Indonesia 2010

Tahun ini, ajang Festival Film Eropa, Europe On Screen (EOS), kembali digelar dengan tema Europe in Motion. Berbagai macam film fiksi, animasi, dokumenter dan film pendek turut berpartisipasi dalam ajang ini.

Ada 40 film dari 24 negara di Eropa yang akan diputar. Semuanya terbagi dalam enam kategori film, seperti Paths of Glory (Cooking History, Puskas Hungary), Life Lessons (Bornova Bornova, Nyfes), Youth Section (The Magic Tree, God Forbid Greater Evil), European Laugh (Mataharis, Soul Kitchen dll), Family Affairs (The Player, Polygamy, De Storm) dan Best European Shorts (SOIna, Purnama di Pesisir, Your Phone is off the Hook).

EOS juga masih membuka kesempatan bagi para sineas pemula di Indonesia untuk mengirimkan karyanya. Dari 80 karya, terpilih 25 film pendek Indonesia terbaik yang akan ditampilkan.

Di Jakarta, EOS 2010 akan diadakan mulai tanggal 5 sampai 12 November 2010 di lima tempat yaitu Istituto Italiano di Cultura (Pusat Kebudayaan Italia), Centre Culturel Francais (Pusat Kebudayaan Perancis), GoetheHaus (Pusat Kebudayaan Jerman), Erasmus Huis (Pusat Kebudayaan Belanda), dan Kineforum.

Sedangkan di luar Jakarta, EOS 2010 berlangsung di 6 kota, yaitu Yogyakarta (LIP Yogyakarta), Bandung (CCF Bandung), Surabaya (CCCL Surabaya), Denpasar (Aliansi Francaise), Banda Aceh (Europe House), dan Semarang (FBS Universitas Negeri Semarang).

Menariknya lagi, semua tiket pemutaran EOS 2010 ini tidak dipungut biaya alias gratis! Namun karena keterbatasan tempat, maka penonton diharapkan untuk datang ke lokasi pemutaran film, 45 menit sebelumnya untuk mengambil tiket di masing-masing lokasi pemutaran.

Source : YaHoo

No comments:

Post a Comment