20 November 2010

Sinopsis Harry Potter And The Deathly Hallows


Penulis J. K. Rowling
Judul asli Harry Potter dan Relikui Kematian
Penerjemah Listiana Srisanti
Ilustrator • Mary GrandPré(Amerika Serikat, RI)
• Jason Cockcroft (UK)
William Webb dan Michael Wildsmith (UKadult)
Negara Inggris Raya
Bahasa Bahasa Indonesia
Serial Harry Potter
Genre Fiksi, Fantasi
Penerbit Gramedia (Indonesia)
Bloomsbury Publishing PLC(Britania Raya), Scholastic Press (AS)
Tanggal terbit 13 Januari 2008 (hardcover), 26 Januari 2008 (softcover)
Terbitan dalam Bahasa Inggris 21 Juli 2007
Halaman 608 (Britania Raya), 759 (AS)
Seri sebelumnya Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran
Seri lanjutan tidak ada

Kayak yang udah banyak diketahui oleh Pecinta Harry Potter di seluruh dunia, Kisah petualangan Harry Potter berakhir di bukunya yang ketujuh. Kenapa 7? well,, gak tau juga karena dari dulu JK Rowlin, “ibu” Harry sendiri bilang kalau Harry Potter berakhir di serinya yang ketujuh. Jauh jauh hari sebelum novel terakhirnya ini terbit.

well, gue juga bingung mau posting apa sebenernya. Gue pengen ngasih sedikit resensi tentang buku HP yang terakhir ini buat yang belom baca dan males baca karena bukunya ketebelen.

Tapi pada akhirnya gue bingung harus menceritakan kisah HP yang ketujuh ini dari mana. karena kalo di ceritain tentang yang ketujuh langsung bakalan ada yang gak mudeng. Karena gue kasih tau lo (bagi pecinta HP yang belom dan males baca bukunya) bahwa karena buku ini BERSERI maka otomatis kisahnya saling berhubungan dengan kisah di buku sebelumnya dan buku sebelumnya juga berhubungan dengan yang sebelumnya lagi, terus sampe buku yang pertama.

Karena itulah gue bingung mau kasih apa buat meresensikan buku terakhirnya ini.

Oke, gue kasih poin poin penting aja buat yang suka nonton film HP tapi belom baca bukunya.

Tapi kayaknya akan jauh lebih baik kalo baca bukunya aja.. soalnya menurut gue di situ lebih detil. Apalagi buat yang udah baca keenam buku sebelumnya. wah.. nyambung banget. Menurut gue, ketujuh buku HP tuh emang suatu karya epik fantasi yang gokiel dan keren banget.

well, ya oke daripada lama lama.. gue langsung aja kasih sedikit spoiler tentang kisah Harry di buku ketujuh ini. Siapa tau buat pecinta filmnya tapi gak dengan bukunya (kayaknya mustahil deh) gak terlalu bingung.

let start!!! (gila lama amat sih..)

okeh.. as we know di HP and the Half Blood Prince diceritakan kalo Dumbledore udah tewas gara gara di kasih mantra AVADA KEDAVRA sama Snape yang dianggap Harry sebagai pengkhianat yang gak bakalan dia maafin. Apalagi ternyata Horcrux yang udah susah payah banget didapetin bersama Dumbledore itu palsu!Harga yang amat sangat mahal yang harus dibayar sama Harry.

Oleh karena itu, Harry memutuskan buat taun depan gak mau balik ke Hogwarts, tapi dia mau nyari dan menghancurkan Horcrux voldemort dan harus terpaksa putus sama Ginny. Trus harus membawa serta kedua sahabatnya Ron dan Hermione yang dengan senang hati dan pengen menemani Harry buat menghancurkan Lord Voldemort.

Setelah kematian kepala sekolahnya, yang merupakan satu satunya orang yang katanya ditakutin sama dia-yang -namanya- tak- boleh-disebut, komunitas sihir semakin suram. Pelahap maut merajalela. Suasana sangat mencekam. dan tentunya Voldemort dan para pengikutnta punya rencana tertentu buat membunuh Harry Potter serta menguasai dunia penyihir.. atau bahkan Muggle.

Sebentar lagi Harry 17 tahun, dan dia bisa dikatakan dalam dunia sihir udah akil balik. itu artinya mantra perlindungan dari Dumbledore maupun ibunya akan musnah. Hal itulah yang semakin membahayakan jiwa Harry. Dia adalah target yang paling diinginkan sama Voldemort. Buat mencegah keluarga Dursley kenapa napa , maka mereka diungsikan sama orang orang Orde. Dan Harry juga diungsikan ke The Burrow empat hari sebelum ultahnya yang ketujuh belas. Sekalian juga buat menghadiri acara pernikahan Fleur dan Bill.

Tapi rupanya kebahagiaan gak berlangsung lama. Harry, Ron dan Hermione mau gak mau harus kabur dari kejaran para Pelahap Maut yang mengacaukan acara pernikahan itu dan terpakasa mereka bertiga cabut.

Bingung nyari tempat berlindung dan bersembunyi, akhirnya Harry, Ron dan Hermione memtuskan Grimauld Place no 12 sebagai base camp mereka. Udah gitu, gara gara ada di mantan markas orde of phoenix inilah Harry akhirnya tau, siapa itu R.A.B. seseorang yang disebutkan dalam catatan dalam liontin Horcrux palsu, serta akhirnya mereka bisa melacak dimana horcrux asli liontin itu.

Dan rupanya berhubungan dengan Kementrian yang saat itu udah banyak disusupin sama pelahap maut. jadinya cenderung pro – voldemort dan anti muggle, yah ngeri pokoknya! dan mau gak mau dalam mengambil Horcrux liontin yang asli melibatkan petualangan kecil dan seru trio penyihir ini.

weittss.. petualangan mereka belom selese. masih banyak horcrux yang harus dicari serta gimana cara menghancurkannya dengan sesuatu yang sangat destruktif. Belom lagi mereka harus kabur berkali kali kayak buronan gara gara karena suatu kejadian, grimauld place gak bisa dipake lagi.. uh.. sedihnya..

Belum lagi tiba tiba terjadi sesuatu yang gak diinginkan. Harry dan Ron bertengkar dan menyebabkan Ron pergi meninggalkan Harry dan Hermione. Jadilah kemudian mereka berdua berjuang sekuat tenaga buat melacak Horcrux dengan peristiwa berkali kali hampir tertangakap dan nyaris mati! tapi ajaib.. Harry berkali kali juga berhasil lolos.

Horcrux VS Hallows

some horcruxes

well, setelah beberapa kejadian.. akhirnya Ron kembali. daann.. mereka nerusin lagi dong apa yang udah mereka mulai.. mencari horcrux dan bertekad menghancurkannya.

Tapi pada saat pencarian Horcrux, ketiga Trio penyihir ini menemukan fakta baru.. yep! HALLOWS!!!! atau relikui kematian!

Tiga benda PENAKLUK KEMATIAN yang terdiri dari Jubah gaib, Batu Kebangkitan dan Tongkat sihir Elder. Dimana seperti yang dikatakan legenda, bila ketiga benda itu digabungkan maka akan terbentuk senjata kuat yang bisa menaklukkan kematian. Dengan kata lain, bisa aja senjata itu bisa digunakan Harry buat membunuh Lord Voldemort!

Hallows penakluk kematian

Well, petualangan seru terus berlanjut. apa lagi satu lagi peristiwa SANGAT NYARIS !!! Harry sempat tertangkap kembali dan dibawa ke markas para pelahap maut. tapi lagi lagi berhasil LOLOS saudara saudara..!! hahahahah (namane juga lakonnya!)

Pokoknya puncak titik balik dari seluruh petualangan Harry bermula gara gara peristiwa pelarian terakhirnya itu dari jangkauan Voldemort.. dan.. terbunuhnya Dobby.,,

apa yang harus Harry pilih?? horcrux atau Hallows?? karena semuanya sama sama bisa menghancurkan Lord Voldemort.

Dan berhasilkah Harry menyelesaikan misi yang alm. Dumbledore berikan padanya??

Yahh.. namanya juga spoiler.. gue gak bisa bahas semuanya dong! jadi cuma segitu aja deh.. toh kalo yang udah baca bukunya PASTI tau gimana akhirnya.. tenang aja HAPPY END KOK! hahahahaha..

Dengan baca bukunya juga bakal terkuat fakta fakta tentang Dumbledore, Harry, dan Horcrux yang berhubungan dengan Harry. Dan tentunya.. FAKTA SNAPE yang mengguncangkan!

Emang seru banget kok! makanya gue dan seluruh pecinta HP di seluruh dunia gak sabar buat menantikan film HP 7 yang part 1 september besok. Berhasil gak ya film itu memvisualisasikan imajinasi seluruh pecinta HP di seluruh dunia??

No comments:

Post a Comment