16 April 2011

Sudahkah Kita Memanjakan Pengunjung Blog Kita?

Bagi sebagian besar blogger pasti akan sangat berharap jika blognya kebanjiran traffic yang melimpah. Dan yang pasti juga akan lebih berharap lagi jika ada yang berkomentar pada salah satu artikelnya. Dengan mendapatkan komentar, kita sebagai pemilik blog akan merasa tulisan kita dihargai oleh orang lain minimal sesama blogger. Dengan begitu pengorbanan kita baik itu waktu, tenaga, bahkan biaya tidak akan sia-sia.

Tapi sebagai pemilik blog, apakah kita sudah merasa memanjakan pengunjung blog yang notabene adalah aset berharga kita? Untuk mendapatkan pengunjung tetap, kita harus benar-benar memperhatikan kenyamanan mereka. Ibarat pepatah "Tamu adalah raja" itu juga yang berlaku untuk pengunjung blog kita. Salah satunya adalah dengan memperhatikan "kondisi" blog kita sendiri, apakah sudah sesuai dengan kenyamanan "sang raja"?

Sebagai contoh berdasarkan pengalaman saya ketika mengunjungi suatu blog yang menurut saya desainnya cukup menarik, tapi loadingnya amat sangat berat sehingga saya memutuskan untuk tidak melanjutkan. Maklum koneksi internet yang saya miliki tidak secepat mobil Lamborgini. Contoh yang lain ketika kita hendak berkomentar di blog lain tapi blog tersebut mengaktifkan verifikasi kata di kotak komentarnya. Memang tidak salah jika kita mengaktifkan verifikasi kata sebelum komentar di munculkan karena itu adalah fasilitas yag di berikan oleh blogspot, akan tetapi sebagian blogger akan merasa risih jika fitur tersebut di aktifkan.

Dengan begitu ketika kita hendak berkomentar, akan terjadi dua kali loading pada halaman tersebut. Apalagi pada blog yang berat, padahal tidak semua blogger memiliki koneksi internet yang cepat. Dengan begitu pengunjung akan berfikir dua kali untuk memberikan komentar pada blog kita. Toh google juga sudah mengaktifkan deteksi spam otomatis, jadi fitur tersebut tidak saya berlakukan pada semua blog saya. Kesimpulannya adalah, buatlah pengunjung merasa mudah dalam mengakses blog kita. Jangan sampai mereka kabur hanya karena kondisi blog kita yang tidak sesuai harapan mereka. Sekarang tinggal keputusan sobat sendiri, cara apa yang dipakai untuk memanjakan pengunjung blog sobat. Jika ada yang salah atau ada yang tersinggung dengan artikel ini silahkan berkomentar, karena saya akan sangat menghargainya.

Semoga bermanfaat.
Alhamdulillah...

1 comment: