06 October 2010

Truk NATO kembali di bakar di Pakistan


Sejauh ini dampak serangan truk NATO belum dirasakan

Kelompok bersenjata Pakistan membakar sedikitnya 10 truk yang membawa pasokan BBM untuk kendaraan millik NATO di Afghanistan, dalam sebuah serangan di negara itu.

Seorang sopir truk pengangkut BBM juga tewas dalam serangan yang terjadi di kota Quetta.

Serangan terhadap truk BBM itu sudah terjadi beberapa kali di pekan ini sejak salah satu rute perbatasan ke Afghanistan ditutup oleh pemerintah Pakistan.

Perbatasan Torkham ditutup tak lama setelah tiga orang tentara Pakistan tewas dalam kecelakaan helikopter NATO di Pakistan.

Islamabad belum menyatakan kapan perbatasan akan dibuka.

100 truk dibakar

Rabu lalu, serangan terjadi di tempat parkir di sebuah hotel di Kota Quetta, seperti disampaikan oleh pejabat polisi Shah Nawaz Khan kepada Kantor Berita AP.

Laporan itu menyebutkan truk tersebut menuju Afghanistan melalui pintu perbatasan yang masih dibuka.

Serangan terakhir terjadi sehari setelah ledakan bom yang merusak sebuah truk pengangkut pasokan BBM di wilayah kesukuan Khyber.

Truk itu parkir diantara 100 truk lain yang tengah menunggu giliran masuk ke Afghanistan. Tak ada korban tewas dalam peristiwa itu.

Jumat lalu, setidaknya 27 truk membawa pasokan untuk pasukan NATO dibakar di provinsi Sindh di Pakistan selatan.

Sejauh ini dampak serangan terhadap kendaraan pengangkut persediaan milik NATO belum dirasakan, tetapi analis mengatakan dampak itu akan mulai terjadi jika serangan berlanjut .

Laporan menyebutkan truk melintasi Pakistan dengan membawa bahan bakar, kendaraan militer, alat perlengkapan, pakaian, dan persediaan barang-barang bagi aspukan asing di Afghanistan.

Pemimpin pasukan asistensi keamanan internasional NATO mengatakan pada Senin lalu, sejauh ini operasi pasukan NATO tidak terpengaruh dengan serangan itu, tetapi mulai mencari kemungkinan yang baru.

Bahan pasokan dibawa masuk ke Afghanistan bagian utara melalui Uzbekistan dan Tajikistan tetapi juru bicara menolak menyebutkan rutenya.

Di sisi lain perlintasan dari Pakistan ke Afghanistan, Chaman di Balochistan, masih dibuka.

source : detiknews

No comments:

Post a Comment