28 January 2011

Cara Menampilkan Favicon Di Semua Browser

Mungkin di antara sobat blogger tidak asing lagi dengan favicon atau "favorite icon". Banyak juga blogger yang memasang favicon di blog agar lebih menandakan identitas blog mereka. Cara pasangnya pun cukup mudah, sobat tinggal menyiapkan gambar yang akan di pasang kemudian upload ke image hosting dan memasangnya di HTML blog sobat. Maka favicon sobat akan tampil di samping kiri address-bar browser saat membuka blog sobat. Tapi tahukah sobat kalau tidak semua browser menampilkan favicon blog sobat? Contohnya google chrome, browser milik google ini tidak akan menampilkan favicon saat membuka blog sobat.

Padahal waktu memakai firefox atau flock, icon tersebut muncul di browser. Sedangkan google chrome akan menampilkan icon default blogger. Kenapa bisa begitu ya??
Untuk menyiasatinya agar favicon sobat tampil di semua browser, silahkan ikuti langkah berikut.

Pertama yang jelas sobat harus menyiapkan icon yang akan di pasang. Ukurannya jangan terlalu besar kalau bisa 35x35 agar loadingnya tidak lambat. Bagi sobat yang sudah memasang favicon di blog yang di letakkan di atas kode </head>, cukup copy saja sehingga tidak usah membuat lagi.

Kemudian sobat klik designe lalu pilih edit HTML. Masukkan kode di bawah ini di atas <b:skin><![CDATA[/*

<link href='Letakkan URL gambar disini' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>

Simpan, maka favicon sobat akan tampil di semua browser.

Semoga bermanfaat.
Alhamdulillah...

No comments:

Post a Comment